PETRA DURIANS

Kamis, 08 Maret 2018

Cara Budidaya Bibit Tanaman Buah Durian MusangKing

Buah durian musangking merupakan varietas terbaru dari buah berduri ini. Buah Durian Musang King memang memiliki keistimewaan daging buah berwarna kuning, daging buah kering, lembut, tidak berserat dan rasa manis kombinasi pahit, tekstur lembut, aroma kuat, dan biji kecil. Tak heran jika Durian Musang king tergolong durian beraging buah kering, dan jenis ini terbaik di kelasnya.
Tanaman Durian musangking dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Namun produksi terbaik dicapai jika ditanam pada ketinggian 400–600 m di atas permukaan laut. Tanaman ini menyukai daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang sering turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu: lembab, subur, gembur dengan kedalaman air tanah tidak lebih dari 1 meter. Faktor yang mempengaruhi kualitas Musang king antara lain : Pertama, Iklim, jenis tanah dan ketersediaan hara. Kedua, jenis penyerbuk. : terkadang jenis penyerbuk dapat mempengaruhi rasa maupun ukuran buah yang di hasilkan.
Tanaman Buah durian musang king memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga banyak orang membudidayakan tanaman buah durian musang king.

Adapun cara menanam untuk pohon durian Musangking adalah sebagai berikut:
  • Bersihkan lahan dari tanaman yang mengganggu seperti rumput dan tanaman lain yang mengganggu sinar matahari masuk lahan, dan buanglah pohon yang mengganggu tersebut dari lahan, pastikan menanam pohon durian terkena sinar matahari penuh.
  • Buat Lubang dengan ukuran Lebar, Panjang, dan dalam kurang lebih 80-100cm, biarkan terkena sinar matahari selama 2 – 3 hari, dengan tujuan bakteri di tanah mati.
  • Tanah galian di masukkan kembali ke lubang sampai rata dengan tanah (tujuanya supaya tanah dibawah lebih gembur)
  • Letakkan bibit di atas lubang kemudian polibegnya dibuka menggunakan silet atau pisau yang tajam sehingga bibit tidak banyak gonjangan selanjutnya bibit dibenamkan kurang lebih 15cm.
  • Timbunlah bibit menggunakan tanah setinggi polibeg. Usahakan batang pohon bebas dari tanah, pendam tanah rata dengan tanah yang dibawa bibitnya (cara menanam menggunduk), dan urugan kekanan dan kekiri melebar 2 meter, atau melingkari pohon, benuknya seperti ban mobil yang di letakan diatas tanah.
  • Untuk lahan yang panas seperti tepi sawah, tutuplah bawah pohon dengan jerami, agar siraman air dibawah pohin tidak cepat menguap, dan sirami setiap sore saat musim kemarau, agar pohon tetap segar.

Agar pohon berkembang maximal, lakukan pemupukan dengan pupuk :
  • Pupuklah bibit dengan NPK dengan takaran 1 sendok teh yang dilarutkan dalam 10 liter air untuk 10 bibit dan semprot dengan gandasil D, yang dilakukan setiap 10 hari sekali.
  • Apabila sudah ditanam kurang lebih 1 bulan dipupuk dengan pupuk kandang yang sudah matang (menyerupai tanah/yang sudah di fermentasi) yang ditaruh di sekitar tanaman dengan ukuran 1 gayung (jangan terlalu banyak). Lakukan setiap 3 bulan sekali
  • Bila daun ada ulat, semprot dengan pestisida bisa pake Diazinon atau fastak (produk lain yang fungsinya sama). Hal ini akan mempercepat pertumbuhan pohon dan buah.

Teknik menanam dengan cara ditinggikan di atas permukaan tanah menyerupai gunung akan membuat Pohonnya Lebih cepat besar dan akan merangsang tumbuhnya akar di atas permukaan tanah sehingga Akan merangsang terbentuknya percabangan yang bagus sehingga berbuahnya akan lebih Maximal. Dengan Perawatan yang Optimal Bibit Tanaman Durian Musang King Kaki Tiga dapat menghasilkan buah setelah umur 4-5 tahun dengan tinggi sekitar 3-4 meter.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar