PETRA DURIANS

Kamis, 08 Maret 2018

Memilih Bibit Durian Agar Cepat Berbuah

Agar pohon durian cepat berbuah  sebelum musimnya, maka harus ada perlakuan dan nutrisi khusus untuk memacu pertumbuhan bunga dan pembuahan. Sudah menjadi pengetahuan umum para petani jaman sekarang bahwa untuk merangsang pembuahan perlu menggunakan beberapa bahan aktif zat pengatur tumbuhan (ZPT) sebagai obat perangsang buah durian.
Zat tersebut berperan aktif untuk mengubah alur pertumbuhan pada sel tanaman dengan cara menghambat pada waktu fase pertumbuhan vegetatif agar dapat berubah secepatnya muncul fase generatif (cepat berbunga dan berbuah).

Menyiapkan Pohon Agar Cepat Berbuah di Luar Musim

Tanaman buah durian (king of fruits) yang ingin dibuahkan di luar musim harus memenuhi beberapa kriteria antara lain;
– Pohon sehat, bisa dilihat dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap
– Pohon durian sudah cukup umur atau sudah pernah berbunga.
– Pohon durian tidak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus).
– Tidak sedang terserang hama atau penyakit.
Teknik membuahkan pohon durian di luar musim sudah dilakukan oleh nenek moyang kita jaman dulu dengan cara mekanis antara lain:
  1. Pengikatan: Mengikat erat pohon dengan kawat hingga transpor makanan hasil fotosintesa pembuluh floem terhambat.
  2. Pemangkasan: Memangkas daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tersisa sedikit daun.
  3. Pengeratan : Mengerat pembuluh floem (kulit pohon) melingkar sepanjang lingkaran pohon sampai kelihatan pembulutl xylem (kayu pohon).
  4. Pelukaan: Melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya bisa dengan mengerok, mencacah, memaku atau mengiris kulit kayu.
  5. Stressing air: Menghentikan penyiraman tanaman hingga mencapai titik layu permanen, kemudian dengan tiba-tiba melakukan penggenangan perakaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.
Kelima cara merangsang pembuahan konvensional ini, pada prinsipnya adalah merubah perbandingan unsur carbon (C) dan nitrogen (N) dalam tanaman.
Berbudidaya tanaman sekarang ini cara konvensional tidak dianjurkan, selain tidak bisa memberikan kepastian, juga ‘menyiksa’ tanaman secara fisik dan fisiologis.
Sekarang, metode untuk membuahkan buah di luar musim yang bisa dipertanggungjawabkan dan paling banyak dilakukan adalah dengan menggunakan bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon durian.
Metode ini merubah fisiologis tanaman durian dengan cara menghambat fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, agar muncul fase generatif – atau munculnya bunga dan buah.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar