PETRA DURIANS

Kamis, 08 Maret 2018

Hama Penyakit Yang Menyerang Tanaman Durian

Salah satu yang menjadi masalah saat penanaman durian master adalah pada saat perawatan agar tidak mudah terserang hama dan penyakit tanaman. Berikut ini adalah jenis-jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman durian.

1. Lalat buah

Lalat buah pada durian menyebabkan buah menjadi busuk berulat dan kemudian rontok.
Cara mengatasi:
– Pengendalian cara kultur teknis dengan menjaga kebersihan lingkungan yaitu mengumpulkan buah yang terserang, baik yang jatuh maupun yang masih di pohon durian kemudian dimusnahkan.
– Pengendalian dengan tanaman perangkap yaitu menanam selasih di sekeliling kebun.
– Pengasapan/membakar di sekeliling tanaman. Usahakan jangan sampai membakar seluruh bagian tanaman.
– Pengendalian mekanik menggunakan perangkap atraktan (metil eugenol. protein hidrolisa. atau selasih) dalam alat perangkap yang terbuat dari botol bekas air minum yang diberi lubang untuk masuknya lalat
buah.

2. Ulat penggerek batang

Ulat penggerek batang menyerang tanaman durian pada bagian batang. Tanda yang mudah dikenali adalah adanya tumpukan kotoran di bawah batang tanaman durian yang berwarna kemerahan. Pada kondisi yang ekstrim tanaman yang terserang ulat penggerek batang akan menjadi layu dan mati.
Cara mengatasi:
– Pengendalian cara mekanis dengan memotong 5 cm bagian lubang gerek batang tanaman yang terserang kemudian dimusnahkan.
– Menggunakan kawat yang dimasukkan ke dalam lubang dengan tujuan membunuh ulat.
– Pengendalian dengan cara kimiawi melalui penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif Tamaron 0,3 % dan Diazinon 0,5 % yang disemprotkan sesuai dosis.

3. Penyakit Busuk Akar

Tanaman buah yang terserang penyakit busuk akar ciri-cirinya adalah bercak nekrotik pada akar lateral. Saat akar dibelah pada bagian korteks akan tampak warna coklat dan pada bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak coklat.
Cara mengatasi penyakit busuk akar
– Memusnahkan tanaman yang terinfeksi dengan cara dibakar.

4. Penyakit Jamur Upas

Gejala munculnya cairan kuning pada bagian batang terserang dan diselimuti dengan benang-benang jamur berwarna mengkilat berbentuk seperti laba-laba sehingga menyebabkan kematian pada batang.
Cara mengatasi jamur upas:
– Kurangi kelembaban suhu di sekitar tanaman. Potong bagian tanaman yang terserang penyakit jamur upas.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar